New Mom Harus Tahu, Yuk Simak Perlengkapan Bayi Sebelum Lahir

Untuk ibu hamil mempersiapkan segala keperluan bayi tentu membuat kesenangan tersendiri. Pasalnya segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi membuat para ibu lapar mata ingin memborong semuanya ketika berbelanja. Apalagi jika ibu sudah mengetahui jenis kelamin bayi yang akan lahir. Namun kebanyakan untuk ibu-ibu muda yang baru menikah, belum banyak yang tahu tentang apa saja perlengkapan bayi yang harus disiapkan. Berikut ulasannya

Beberapa Barang yang Harus di siapkan Untuk Menyambut si Kecil
1. Kain Bedong untuk Hangatkan Badan si Kecil
Kain bedong menjadi salah satu perlengkapan bayi yang wajib dibeli. Pasalnya fungsi dari kain bedong sendiri yaitu untuk membuat bayi merasa nyaman saat tidur. Namun, untuk penggunaan kain bedong sebaiknya diperhatikan dengan baik. Jangan membuat bayi merasa tidak nyaman karena lilitan yang terlalu kencang. Berikan celah yang sedikit lebih lebar agar bayi bisa bergerak, minimal bisa menekuk lututnya.

2.  Pilihlah Pampers dan Popok dengan Teliti
Pemilihan pampers dan popok harus dilakukan dengan teliti dan jangan sembarangan. Untuk ibu yang sedang mencari kebutuhuan bayi yang satu ini, pastikan ibu memilih pampers dengan model yang bisa dibuka, kemudian untuk popok usahakan memilih bahan kain lembut yang dapat menyerap air. Gunakan pampers sekali pakai yang memiliki perekat di pinggang, sesuaikan dengan ukuran popok dengan berat badan si kecil.

Akan tetapi, para ibu harus memperhatikan juga tentang penggunaan pampers tersebut. Para ibu harus sering mengganti popok setidaknya 2 sampai 3 jam sekali untuk mencegah terjadinya ruam popok, kemudian ganti popok dengan segera setiap kali bayi BAB, lalu gunakan popok yang tidak mengandung pewangi untuk menghindari alergi pada kulit bayi,  jika terjadi alergi pada kulit bayi, segera konsultasikan pada dokter anak dan gunakan popok kain .

3. Sarung tangan dan  Kaos Kaki
Tidak kalah penting , perlengkapan bayi yang satu ini juga menjadi barang yang diperlukan bayi. Dengan fungsi utamanya yaitu untuk melindungi kuku-kuku pada jari mungilnya mencegah si kecil untuk tidak mencakar muka atau bagian tubuh lainnya. Tidak hanya itu, sarung tangan dan kaos kaki bayi juga dapat berfungsi untuk menjaga si kecil agar tetap hangat pada saat cuaca dingin. Waktu ideal untuk si kecil memakai kaos kaki yakni tergantung dengan kondisi suhu ruangan di sekitar bayi.

Namun ada hal penting yang harus ibu tahu, penggunaan kaos kaki yang dipakai secara terus menerus membuat pertumbuhan jari kaki bayi menjadi terhambat. Saat bayi baru lahir, si kecil jarang menggunakan tangan dan kakinya, sehingga memasangkan sarung tangan dan kaos kaki tidak terlalu menghambat pergerakannya. Akan tetapi, jika si kecil sudah memasuki usia berjalan akan lebih baik jika penggunaan kaos kaki dan sarung tangan lebih dikurangi.

4. Perlengkapan Mandi dan Minyak Telon
Tidak hanya kain bedong dan kebutuhan lainnya, perlengkapan bayi yang satu ini juga tidak boleh dilupakan yaitu perlengkapan mandi. Beberapa perlengkapan mandi bayi yang harus dibeli yaitu bak mandi, sabun dan shampo, serta handuk dan washlap. Untuk bayi yang baru lahir harus dipakaikan minyak telon agar tetap hangat. Selain itu penggunaan minyak telon pada tubuh bayi dapat membuatnya terhindar dari kembung ataupun masuk angin.

Dalam mempersiapkan kebutuhan bayi, para ibu perlu membuat daftar barang apa saja yang dibutuhkan. Karena hal itu dapat membuat ibu tidak panik saat menghadapi proses persalinan. Selain melengkapi semua barang yang akan dibutuhkan si kecil. Untuk ibu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi yang mendukung perkembangan didalam kandungan.

Postingan terkait: