2 Teknologi Terbaru di Bidang Medis yang Luar Biasa!

Keberadaan beragam teknologi terbaru di bidang medis tentu merupakan pencapaian yang menggembirakan. Kalau beberapa tahun yang lalu sebagian penyakit sulit untuk dideteksi, sulit disembuhkan, atau membutuhkan waktu lama untuk sembuh, kini dengan teknologi terbaru tersebut sudah bisa dideteksi dan disembuhkan dalam waktu cepat.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar 2 teknologi terbaru di bidang medis yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

1.Teknologi pembakar lemak
Bagi penderita obesitas, teknologi ini sangat membantu dalam mengatasi lemak berlebih. Pasalnya, teknologi yang disebut dengan Microneedle Patch ini sangat efektif dalam mencairkan lemak yang menumpuk dengan cepat.

Sayangnya, teknologi yang dibuat oleh para peneliti dari Colombia University Medical Centre ini tidak bisa diaplikasikan pada semua orang. Penderita obesitas yang pernah atau sedang mengkonsumsi obat diet, yang efeknya adalah mengubah lemak coklat menjadi lemak putih, terpaksa harus bersabar menunggu efek obat diet itu berkurang sebelum menggunakan teknologi ini.

Microneedle Patch bekerja dengan cara mengendalikan obat yang telah diinjeksikan masuk ke dalam Microneedle Patch ini ke area-area tertentu yang ditentukan oleh tenaga medis, Setelah itu, lemak coklat perlahan akan mencair ke dalam bentuk partikel nano.

2.Pen pendeteksi kanker
Kanker merupakan momok menakutkan bagi setiap orang. Pasalnya, penyakit ini termasuk penyakit ganas dan mematikan. Di sisi lain, biaya obat-obatan dan perawatan untuk penyakit kanker cukup mahal.

Tapi jangan khawatir, kini momok menakutkan itu sudah ditemukan solusinya. Bahkan,  bisa dideteksi lebih dini di usia muda. Semua ini berkat penemuan pen pendeteksi kanker bernama MassPec Pen yang merupakan hasil penelitian dari University of Texas. Pen ini bisa membedakan kanker selama masa penyembuhan dalam waktu 10 detik. Hebatnya, pen pendeteksi ini mampu mendeteksi keberadaan kanker sekalipun sel kanker ini membeku.

Cara kerja MassPec Pen ini adalah dengan melakukan perbandingan terhadap beberapa molekul atau metabolites, karena bagian inilah yang mampu memproduksi sel jaringan dengan cara mengeluarkan beberapa tetes air yang sanggup menyerap ribuan metabolites, lalu meneruskannya melalui spectrometer. Metabolites sendiri didapatkan dari sel kanker yang terpisah dari sel kanker yang normal. Diperkirakan juga kalau MassPec Pen ini ke depannya bakalan digunakan dalam operasi pembedahan.
Sekian informasi seputar 2 teknologi terbaru di bidang medis pada artikel kali ini. Bagaimana pendapat Anda, apakah kedua teknologi di bidang medis ini luar biasa atau biasa saja menurut Anda? Silahkan jawab pada kolom komentar di bawah.

Postingan terkait: